Ahmadinejad Pecat Menteri Luar Negeri Mottaki


TEHERAN, tribunkaltim.co.id- Pejabat berita resmi Iran, IRNA melaporkan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memecat Menteri Luar Negeri Manouchehr Mottaki. Laporan awal tidak menjelaskan alasan pemecatan Mottaki.

"Saya menghargai usaha pengabdian anda sebagai menteri luar negeri," tulis Ahmadinejad dalam sepucuk surat kepada Mottaki, seperti disiar pejabat berita Mehr.

Berbagai laporan menyebutkan Ahmadinejad sudah menunjuk pejabat tinggi urusan nuklear menggantikan Mottaki.

Televisyen pemerintah Iran melaporkan Ali Akbar Salehi, kepala Organisasi Energi Atom Iran dan orang dekat presiden, mengambil alih sementara jabatan itu.

Para pengamat Iran mengatakan sejumlah ahli politik Iran merasa Mottaki kurang tegas dalam mewakili Iran di pentas dunia, terutama dalam menanggapi tekanan internasional untuk menghentikan program pengayaan nuklearnya.

Di dalam negeri sendiri ada tekanan untuk memecatnya bila sanksi-sanksi baru Dewan Keamanan PBB dikesan mendapat maklumat nuklear Iran, demikian dikatakan dalam berbagai laporan. Emparan putaran keempat sudah diterapkan pada bulan Jun.

Iran berkeras mengatakan bahwa tujuan program nuklearnya adalah untuk mendapatkan tenaga tetapi sejumlah negara Barat curiga Iran mencuba membangun senjata nuklear.

Mottaki, yang sekarang ini sedang mengadakan kunjungan resmi ke Senegal, ditunjuk sebagai menteri luar negeri sejak tahun 2005.

Dia adalah seorang diplomat berwibawa dan mampu berbicara bahasa Inggris, Turki dan Urdu dengan fasih.

Dia mendapat gelar pasca sarjana jurusan hubungan internasional dari Universiti Teheran tahun 1991.(bbc.co.uk)

Comments

Popular posts from this blog

George Lafaz Syahadah Bawah Kilau Pedang Khalid Al Walid

Ritorik Ulama, Logik Profesional

Pengalaman Kenal Kawan dan Lawan